Aqidatul Awam merupan kitab populer yang banyak dikaji oleh masyarakat Indonesia. Aqidatul Awam ini juga sangat populer bagi kalangan santri pesantren karena pada jenjang awal pasti diajarkan tentang aqidah Islamiyah dimana kitab sumbernya adalah aqidatul awam.
Aqidatul awam sendiri merupakan kitab yang berbicara tentang masalah aqidah, dimana dengan judulnya Aqidatul Awam yang berarti aqidah untuk orang awam, maka kitab ini merupakan kitab sederhana dengan isi yang ringan dan jelas karena ditujukan untuk orang-orang yang awam.
Kitab Aqidatul Awam sendiri disusun dengan bentuk nadham, atau syair yang berpola dan berlagu. Jadi selain dibaca dan dipelajari, kitab Aqidatul Awam ini pun juga dihafalkan oleh para santri sebagai kurikulum wajib hafalan. Karena dengan menghafal, santri bisa lebih mudah mempelajari dan mengingat apa yang ada dalam kitab.
Kitab Aqidaul Awam ini dikarang oleh Imam Ahmad al-Marzuki al-Maliki. Beliau adalah sosok yang memilki aqidah ahlu sunnah wal jamaah, yaitu aqidah Imam Asy'ari dan Imam Maturidi. Imam Ahmad al-Marzuki dikenal sebabai sosok yang zuhud, dan termasuk Syeikh Qurra Mesir dan mufti mazhab Maliki di Mekah.
أَبْـدَأُ بِـاسْمِ اللهِ وَالرَّحْـمَنِ ❖ وَبِالرَّحِـيْـمِ دَائـِمِ اْلإِحْـسَانِ
Aku memulai dengan Nama Allah ❖ Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang kebaikannya abadi.
فَالْحَـمْـدُ ِللهِ الْـقَدِيْمِ اْلأَوَّلِ ❖ اَلآخِـرِ الْبَـاقـِيْ بِلاَ تَحَـوُّلِ
Adapun segala puji itu milik Allah ❖ Yang Qadim (Dulu), Awal, Akhir, Yang Kekal tanpa berubah
ثُمَّ الـصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ سَـرْمَدَا ❖ عَلَى الـنَّـبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ وَحَّدَا
Lalu salawat (rahmat) dan keselamatan yang kekal ❖ semoga (terlimpahkan) pada Nabi, sebaik-baiknya orang yang benar-benar mengesakan (Allah)
وَآلِهِ وَصَـحْبِهِ وَمَـنْ تَـبِـعْ ❖ سَـبِيْلَ دِيْنِ الْحَقِّ غَيْرَ مُـبْـتَدِعْ
(Juga kepada) Keluarga dan sahabat Nabi dan orang yang mengikuti ❖ Jalan agama yang haq dan tanpa mengada-ada (dalam beragama)
وَبَعْدُ فَاعْلَمْ بِوُجُوْبِ الْمَعْرِفَـهْ ❖ مِنْ وَاجِـبٍ ِللهِ عِشْـرِيْنَ صِفَهْ
Setelah itu, ketahuilah bahwa wajib hukumnya mengetahui ❖ Wajibnya sifat Allah yang jumlahnya 20
فَاللهُ مَوْجُـوْدٌ قَـدِيْمٌ بَاقِـي ❖ مُخَالـِفٌ لِلْـخَـلْقِ بِاْلإِطْلاَقِ
Adapun Allah itu maujud (ada), qadim (dabulu), baqa' (kekal) ❖ Tidak serupa dengan makhluk yang secara mutlak.
وَقَـائِمٌ غَـنِيْ وَوَاحِـدٌ وَحَيّ ❖ قَـادِرْ مُـرِيْـدٌ عَـالِمٌ بِكُلِّ شَيْ
Dan dzat yang Qaim (Maha Berdiri), Ghaniy (Maha Kaya), Maha Esa, dan Maha Hidup ❖ Yang Berkuasa dan Maha Berkehendak, Maha Mengetahui atas segala sesuatu
سَـمِـيْعٌ اْلبَصِـيْرُ وَالْمُتَكَلِّـمُ ❖ لَهُ صِـفَاتٌ سَـبْعَـةٌ تَـنْـتَظِمُ
Yang Maha Mendengar, Maha Melihat, dan Maha Berfirman ❖ Bagi-Nya ada tujuh sifat yang dipaparkan
فَقُـدْرَةٌ إِرَادَةٌ سـَمْـعٌ بـَصَرْ ❖ حَـيَـاةٌ الْعِلْـمُ كَلاَمٌ اسْـتَمَرْ
Maha Berkuasa, Maha Berkehendak Maha Mendengar Maha Melihat ❖ Maha Hidup, Maha Mengetahui, itulah ucapan yang berlanjut
وَجَائـِزٌ بِـفَـضْـلِهِ وَ عَدْلِهِ ❖ تَـرْكٌ لـِكُلِّ مُمْـكِـنٍ كَفِعْلِهِ
Boleh (jaiz) dengan keutamaan dan keadilan Allah ❖ Untuk meninggalkan segala hal yang mungkin, sebagaimana boleh juga untuk melakukannya.
أَرْسَـلَ أَنْبِيَا ذَوِي فَـطَـانَـهْ ❖ بِالصِّـدْقِ وَالتَـبْلِـيْغِ وَاْلأَمَانَهْ
Allah telah mengutus nabi yang memiliki sifat cerdas ❖ dengan sifat jujur, menyampaikan wahyu dan amanah.
وَجَـائِزٌ فِي حَـقِّهِمْ مِنْ عَرَضِ ❖ بِغَيْـرِ نَقْصٍ كَخَـفِيْفِ الْمَرَضِ
Jaiz (boleh) dalam hakikat para nabi berupa hal-hal yang terjadi (pada mereka) ❖ tanpa mengurangi (kenabian mereka) seperti sakit yang ringan.
عِصْـمَـتُهُمْ كَسَائِرِ الْمَلاَئِكَهْ ❖ وَاجِـبَـةٌ وَفَاضَلُوا الْمَـلاَئِكَهْ
Kemaksuman (keterjagaan) nabi sebagaimana para malaikat ❖ hukumnya adalah wajib, dan para nabi itu lebih utama daripada malaikat.
وَالْمُسْـتَحِيْلُ ضِدُّ كُلِّ وَاجِبِ ❖ فَاحْفَظْ لِخَمْسِـيْنَ بِحُكْمٍ وَاجِبِ
Sifat mustahil itu adalah lawan dari semua sifat yang wajib ❖ Maka hafalkanlah lima puluh sifat mustahil ini dengan hukum yang wajib
تَفْصِيْلُ خَمْسَةٍ وَعِشْـرِيْنَ لَزِمْ ❖ كُـلَّ مُـكَلَّـفٍ فَحَقِّقْ وَاغْـتَنِمْ
Wajib mengetahui rincian dua puluh lima (para nabi) ❖ (kewajiban itu) atas semua orang mukallaf, maka nyatakanlah dan ambillah (keuntungannya)
هُمْ آدَمٌ اِدْرِيْسُ نُوْحٌ هُـوْدُ مَعْ ❖ صَالِـحْ وَإِبْرَاهِـيْـمُ كُلٌّ مُـتَّبَعْ
Para Nabi (yang jumlahnya 25) itu adalah Nabi Adam, Idris, Nuh, serta Hud serta ❖ Shalih dan Ibrahim, semua nabi ini diikuti.
لُوْطٌ وَاِسْـمَاعِيْلُ اِسْحَاقُ كَذَا ❖ يَعْقُوبُ يُوسُـفُ وَأَيُّوْبُ احْتَذَى
Nabi Luth, Ismail, Ishaq juga ❖ Ya'qub dan Yusuf selanjutnya Nabi Ayyub yang diikuti
شُعَيْبُ هَارُوْنُ وَمُوْسَى وَالْيَسَعْ ❖ ذُو الْكِـفْلِ دَاوُدُ سُلَيْمَانُ اتَّـبَعْ
Nabi Syuaib, Harun, Musa, dan Ilyasa' ❖ Dzulkifli, Dawud, dan Sulaiman yang diikuti.
إلْيَـاسُ يُوْنُسْ زَكَرِيـَّا يَحْيَى ❖ عِيْسَـى وَطَـهَ خَاتِمٌ دَعْ غَـيَّا
Ilyas, Yunus, Zakariya, Yahya ❖ Isa, dan Muhammad penutup, tinggalkanlah kesesatan
عَلَـيْهِمُ الصَّـلاَةُ وَالسَّـلاَمُ ❖ وَآلِـهِمْ مـَا دَامَـتِ اْلأَيـَّـامُ
Bagi mereka salam dan sejahtera ❖ Dan keluarganya selama hari-hari masih ada.
وَالْمَـلَكُ الَّـذِيْ بِلاَ أَبٍ وَأُمْ ❖ لاَ أَكْلَ لاَ شُـرْبَ وَلاَ نَوْمَ لَـهُمْ
Dan Malaikat itu adalah makhluk yang tanpa bapak dan tanpa ibu ❖ Tidak ada makan, minum, dan tidur bagi mereka.
تَفْـصِـيْلُ عَشْرٍ مِنْهُمُ جِبْرِيْلُ ❖ مِـيْـكَـالُ اِسْـرَافِيْلُ عِزْرَائِيْلُ
Rinciannya ada sepuluh, yaitu Jibril ❖ Mikail, Israfil, dan Izrail.
مُنْـكَرْ نَكِـيْرٌ وَرَقِيْبٌ وَكَذَا ❖ عَتِـيْدٌ مَالِكٌ ورِضْوَانُ احْتَـذَى
Munkar, Nakir, dan Raqib, begitu pula ❖ Atid, Malik, serta Ridwan yang diikuti.
أَرْبَـعَـةٌ مِنْ كُتُبٍ تَـفْصِيْلُهَا ❖ تَوْارَةُ مُوْسَى بِالْهُدَى تَـنْـزِيْلُهَا
Empat kitab ini dia rinciannya ❖ Taurat Musa yang diturunkannya berisi petunjuk.
زَبُـوْرُ دَاوُدَ وَاِنْجِـيْـلُ عَلَى ❖ عِيْـسَى وَفُـرْقَانُ عَلَى خَيْرِ الْمَلاَ
Zabur untuk Dawud, lalu Injil untuk ❖ Isa dan Furqan (al-Quran) untuk sebaik manusia.
وَصُحُـفُ الْخَـلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ ❖ فِيْهَـا كَلاَمُ الْـحَـكَمِ الْعَلِـيْمِ
Ada shuhuf untuk Khalil (kekasih, yaitu Nabi Ibrahim) dan Kalim (yang berkata, yaitu nabi Musa) ❖ Di dalamnya ada Kalam Yang Maha Bijaksana, Maha Mengetahui.
وَكُـلُّ مَا أَتَى بِهِ الـرَّسُـوْلُ ❖ فَحَـقُّـهُ التَّسْـلِـيْمُ وَالْقَبُوْلُ
Dan semua yang dibawa oleh Rasul ❖ Harus diyakini benar dan diterima.
إِيْـمَـانُنَا بِـيَوْمِ آخِرٍ وَجَبْ ❖ وَكُلِّ مَـا كَانَ بِـهِ مِنَ الْعَجَبْ
Keimanan kita pada hari akhir itu wajib ❖ juga pada segala seuatu yang membuat takjub
أَبـُوْهُ عَبْدُ اللهِ عَبْدُ الْمُطَّلِـبْ ❖ وَهَاشِـمٌ عَبْدُ مَنَافٍ يَنْتَسِـبْ
Ayahny adalah Abdullah bin Abdul Muthallib ❖ Dan nasabnya adalah Hasyim, Abdu Manaf.
وَأُمُّـهُ آمِـنَةُ الـزُّهْــرِيـَّهْ ❖ أَرْضَـعَتْهُ حَلِيْمَـةُ السَّـعْدِيـَّهْ
Ibunya adalah Aminah Zuhriyah ❖ Disusui oleh Halimah Sakdiyah.
مَوْلـِدُهُ بِمَـكَّـةَ اْلأَمِيْــنَهْ ❖ وَفَاتُـهُ بِـطَـيْـبَةَ الْـمَدِيْنَهْ
Dilahirkan di kota Makkah sentosa ❖ Di Madinah adalah tempat wafatnya.
Aqidatul awam sendiri merupakan kitab yang berbicara tentang masalah aqidah, dimana dengan judulnya Aqidatul Awam yang berarti aqidah untuk orang awam, maka kitab ini merupakan kitab sederhana dengan isi yang ringan dan jelas karena ditujukan untuk orang-orang yang awam.
Kitab Aqidatul Awam sendiri disusun dengan bentuk nadham, atau syair yang berpola dan berlagu. Jadi selain dibaca dan dipelajari, kitab Aqidatul Awam ini pun juga dihafalkan oleh para santri sebagai kurikulum wajib hafalan. Karena dengan menghafal, santri bisa lebih mudah mempelajari dan mengingat apa yang ada dalam kitab.
Terjemahan Kitab Aqidatul Awam Bahasa Indonesia |
Kitab Aqidaul Awam ini dikarang oleh Imam Ahmad al-Marzuki al-Maliki. Beliau adalah sosok yang memilki aqidah ahlu sunnah wal jamaah, yaitu aqidah Imam Asy'ari dan Imam Maturidi. Imam Ahmad al-Marzuki dikenal sebabai sosok yang zuhud, dan termasuk Syeikh Qurra Mesir dan mufti mazhab Maliki di Mekah.
Terjemahan Kitab Aqidatul Awam
Berikut ini adalah terjemahan kitab nadham Aqidatul Awam dalam bahasa Indonesia yang bisa anda gunakan sebagai sumber belajar tentang aqidah Islamiyah.
أَبْـدَأُ بِـاسْمِ اللهِ وَالرَّحْـمَنِ ❖ وَبِالرَّحِـيْـمِ دَائـِمِ اْلإِحْـسَانِ
Aku memulai dengan Nama Allah ❖ Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang kebaikannya abadi.
فَالْحَـمْـدُ ِللهِ الْـقَدِيْمِ اْلأَوَّلِ ❖ اَلآخِـرِ الْبَـاقـِيْ بِلاَ تَحَـوُّلِ
Adapun segala puji itu milik Allah ❖ Yang Qadim (Dulu), Awal, Akhir, Yang Kekal tanpa berubah
ثُمَّ الـصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ سَـرْمَدَا ❖ عَلَى الـنَّـبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ وَحَّدَا
Lalu salawat (rahmat) dan keselamatan yang kekal ❖ semoga (terlimpahkan) pada Nabi, sebaik-baiknya orang yang benar-benar mengesakan (Allah)
وَآلِهِ وَصَـحْبِهِ وَمَـنْ تَـبِـعْ ❖ سَـبِيْلَ دِيْنِ الْحَقِّ غَيْرَ مُـبْـتَدِعْ
(Juga kepada) Keluarga dan sahabat Nabi dan orang yang mengikuti ❖ Jalan agama yang haq dan tanpa mengada-ada (dalam beragama)
وَبَعْدُ فَاعْلَمْ بِوُجُوْبِ الْمَعْرِفَـهْ ❖ مِنْ وَاجِـبٍ ِللهِ عِشْـرِيْنَ صِفَهْ
Setelah itu, ketahuilah bahwa wajib hukumnya mengetahui ❖ Wajibnya sifat Allah yang jumlahnya 20
فَاللهُ مَوْجُـوْدٌ قَـدِيْمٌ بَاقِـي ❖ مُخَالـِفٌ لِلْـخَـلْقِ بِاْلإِطْلاَقِ
Adapun Allah itu maujud (ada), qadim (dabulu), baqa' (kekal) ❖ Tidak serupa dengan makhluk yang secara mutlak.
وَقَـائِمٌ غَـنِيْ وَوَاحِـدٌ وَحَيّ ❖ قَـادِرْ مُـرِيْـدٌ عَـالِمٌ بِكُلِّ شَيْ
Dan dzat yang Qaim (Maha Berdiri), Ghaniy (Maha Kaya), Maha Esa, dan Maha Hidup ❖ Yang Berkuasa dan Maha Berkehendak, Maha Mengetahui atas segala sesuatu
سَـمِـيْعٌ اْلبَصِـيْرُ وَالْمُتَكَلِّـمُ ❖ لَهُ صِـفَاتٌ سَـبْعَـةٌ تَـنْـتَظِمُ
Yang Maha Mendengar, Maha Melihat, dan Maha Berfirman ❖ Bagi-Nya ada tujuh sifat yang dipaparkan
فَقُـدْرَةٌ إِرَادَةٌ سـَمْـعٌ بـَصَرْ ❖ حَـيَـاةٌ الْعِلْـمُ كَلاَمٌ اسْـتَمَرْ
Maha Berkuasa, Maha Berkehendak Maha Mendengar Maha Melihat ❖ Maha Hidup, Maha Mengetahui, itulah ucapan yang berlanjut
وَجَائـِزٌ بِـفَـضْـلِهِ وَ عَدْلِهِ ❖ تَـرْكٌ لـِكُلِّ مُمْـكِـنٍ كَفِعْلِهِ
Boleh (jaiz) dengan keutamaan dan keadilan Allah ❖ Untuk meninggalkan segala hal yang mungkin, sebagaimana boleh juga untuk melakukannya.
أَرْسَـلَ أَنْبِيَا ذَوِي فَـطَـانَـهْ ❖ بِالصِّـدْقِ وَالتَـبْلِـيْغِ وَاْلأَمَانَهْ
Allah telah mengutus nabi yang memiliki sifat cerdas ❖ dengan sifat jujur, menyampaikan wahyu dan amanah.
وَجَـائِزٌ فِي حَـقِّهِمْ مِنْ عَرَضِ ❖ بِغَيْـرِ نَقْصٍ كَخَـفِيْفِ الْمَرَضِ
Jaiz (boleh) dalam hakikat para nabi berupa hal-hal yang terjadi (pada mereka) ❖ tanpa mengurangi (kenabian mereka) seperti sakit yang ringan.
عِصْـمَـتُهُمْ كَسَائِرِ الْمَلاَئِكَهْ ❖ وَاجِـبَـةٌ وَفَاضَلُوا الْمَـلاَئِكَهْ
Kemaksuman (keterjagaan) nabi sebagaimana para malaikat ❖ hukumnya adalah wajib, dan para nabi itu lebih utama daripada malaikat.
وَالْمُسْـتَحِيْلُ ضِدُّ كُلِّ وَاجِبِ ❖ فَاحْفَظْ لِخَمْسِـيْنَ بِحُكْمٍ وَاجِبِ
Sifat mustahil itu adalah lawan dari semua sifat yang wajib ❖ Maka hafalkanlah lima puluh sifat mustahil ini dengan hukum yang wajib
تَفْصِيْلُ خَمْسَةٍ وَعِشْـرِيْنَ لَزِمْ ❖ كُـلَّ مُـكَلَّـفٍ فَحَقِّقْ وَاغْـتَنِمْ
Wajib mengetahui rincian dua puluh lima (para nabi) ❖ (kewajiban itu) atas semua orang mukallaf, maka nyatakanlah dan ambillah (keuntungannya)
هُمْ آدَمٌ اِدْرِيْسُ نُوْحٌ هُـوْدُ مَعْ ❖ صَالِـحْ وَإِبْرَاهِـيْـمُ كُلٌّ مُـتَّبَعْ
Para Nabi (yang jumlahnya 25) itu adalah Nabi Adam, Idris, Nuh, serta Hud serta ❖ Shalih dan Ibrahim, semua nabi ini diikuti.
لُوْطٌ وَاِسْـمَاعِيْلُ اِسْحَاقُ كَذَا ❖ يَعْقُوبُ يُوسُـفُ وَأَيُّوْبُ احْتَذَى
Nabi Luth, Ismail, Ishaq juga ❖ Ya'qub dan Yusuf selanjutnya Nabi Ayyub yang diikuti
شُعَيْبُ هَارُوْنُ وَمُوْسَى وَالْيَسَعْ ❖ ذُو الْكِـفْلِ دَاوُدُ سُلَيْمَانُ اتَّـبَعْ
Nabi Syuaib, Harun, Musa, dan Ilyasa' ❖ Dzulkifli, Dawud, dan Sulaiman yang diikuti.
إلْيَـاسُ يُوْنُسْ زَكَرِيـَّا يَحْيَى ❖ عِيْسَـى وَطَـهَ خَاتِمٌ دَعْ غَـيَّا
Ilyas, Yunus, Zakariya, Yahya ❖ Isa, dan Muhammad penutup, tinggalkanlah kesesatan
عَلَـيْهِمُ الصَّـلاَةُ وَالسَّـلاَمُ ❖ وَآلِـهِمْ مـَا دَامَـتِ اْلأَيـَّـامُ
Bagi mereka salam dan sejahtera ❖ Dan keluarganya selama hari-hari masih ada.
وَالْمَـلَكُ الَّـذِيْ بِلاَ أَبٍ وَأُمْ ❖ لاَ أَكْلَ لاَ شُـرْبَ وَلاَ نَوْمَ لَـهُمْ
Dan Malaikat itu adalah makhluk yang tanpa bapak dan tanpa ibu ❖ Tidak ada makan, minum, dan tidur bagi mereka.
تَفْـصِـيْلُ عَشْرٍ مِنْهُمُ جِبْرِيْلُ ❖ مِـيْـكَـالُ اِسْـرَافِيْلُ عِزْرَائِيْلُ
Rinciannya ada sepuluh, yaitu Jibril ❖ Mikail, Israfil, dan Izrail.
مُنْـكَرْ نَكِـيْرٌ وَرَقِيْبٌ وَكَذَا ❖ عَتِـيْدٌ مَالِكٌ ورِضْوَانُ احْتَـذَى
Munkar, Nakir, dan Raqib, begitu pula ❖ Atid, Malik, serta Ridwan yang diikuti.
أَرْبَـعَـةٌ مِنْ كُتُبٍ تَـفْصِيْلُهَا ❖ تَوْارَةُ مُوْسَى بِالْهُدَى تَـنْـزِيْلُهَا
Empat kitab ini dia rinciannya ❖ Taurat Musa yang diturunkannya berisi petunjuk.
زَبُـوْرُ دَاوُدَ وَاِنْجِـيْـلُ عَلَى ❖ عِيْـسَى وَفُـرْقَانُ عَلَى خَيْرِ الْمَلاَ
Zabur untuk Dawud, lalu Injil untuk ❖ Isa dan Furqan (al-Quran) untuk sebaik manusia.
وَصُحُـفُ الْخَـلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ ❖ فِيْهَـا كَلاَمُ الْـحَـكَمِ الْعَلِـيْمِ
Ada shuhuf untuk Khalil (kekasih, yaitu Nabi Ibrahim) dan Kalim (yang berkata, yaitu nabi Musa) ❖ Di dalamnya ada Kalam Yang Maha Bijaksana, Maha Mengetahui.
وَكُـلُّ مَا أَتَى بِهِ الـرَّسُـوْلُ ❖ فَحَـقُّـهُ التَّسْـلِـيْمُ وَالْقَبُوْلُ
Dan semua yang dibawa oleh Rasul ❖ Harus diyakini benar dan diterima.
إِيْـمَـانُنَا بِـيَوْمِ آخِرٍ وَجَبْ ❖ وَكُلِّ مَـا كَانَ بِـهِ مِنَ الْعَجَبْ
Keimanan kita pada hari akhir itu wajib ❖ juga pada segala seuatu yang membuat takjub
خَاتِمَةٌ فِي ذِكْرِ بَاقِي الْوَاجِبِ ❖ مِمَّـا عَـلَى مُكَلَّفٍ مِنْ وَاجِبِ
Akhir penuturan lainnya yang wajib ❖ Berupa hal-hal yang bagi orang mukallaf termasuk wajib.نَبِـيُّـنَا مُحَمَّدٌ قَدْ أُرْسِــلاَ ❖ لِلْـعَالَمِـيْـنَ رَحْـمَةً وَفُضِّلاَ
Nabi Muhammad telah diutus ❖ ke dunia sebagai Raahmat alam dan Keutamaan.أَبـُوْهُ عَبْدُ اللهِ عَبْدُ الْمُطَّلِـبْ ❖ وَهَاشِـمٌ عَبْدُ مَنَافٍ يَنْتَسِـبْ
Ayahny adalah Abdullah bin Abdul Muthallib ❖ Dan nasabnya adalah Hasyim, Abdu Manaf.
وَأُمُّـهُ آمِـنَةُ الـزُّهْــرِيـَّهْ ❖ أَرْضَـعَتْهُ حَلِيْمَـةُ السَّـعْدِيـَّهْ
Ibunya adalah Aminah Zuhriyah ❖ Disusui oleh Halimah Sakdiyah.
مَوْلـِدُهُ بِمَـكَّـةَ اْلأَمِيْــنَهْ ❖ وَفَاتُـهُ بِـطَـيْـبَةَ الْـمَدِيْنَهْ
Dilahirkan di kota Makkah sentosa ❖ Di Madinah adalah tempat wafatnya.
أَتَـمَّ قَـبْـلَ الْـوَحْيِ أَرْبَعِيْنَا ❖ وَعُـمْـرُهُ قَدْ جَاوَزَ السِّـتِّيْنَا
Umurnya tepat 40 tahun sebelum wahyu (turun) ❖ Dan umur Nabi lebih enam puluh tahun.
وَسَـبْـعَةٌ أَوْلاَدُهُ فَمِـنْـهُمُ ❖ ثَلاثَـةٌ مِـنَ الذُّكـُوْرِ تُـفْهَمُ
Putra Nabi semuanya ada tujuh dan di antaranya ❖ ada Tiga lelaki, (hal ini) dipahami.
قَاسِـمْ وَعَبْدُ اللهِ وَهْوَ الطَّيِّبُ ❖ وَطَاهِـرٌ بِذَيْـنِ ذَا يُـلَـقَّبُ
Yaitu Qasim, dan Abdullah dan dia adalah sosok yang baik ❖ dan suci, dan dengan dua sifat ini ia (Abdullah) dinamai.
أَتَاهُ إبْرَاهِـيْـمُ مِنْ سُـرِّيـَّهْ ❖ فَأُمُّـهُ مَارِيَّةُ الْـقِـبْـطِـيَّـهْ
Datang kepadanya Ibrahim dari budak perempuan ❖ Adapun ibunya bernama Mariyatul Qibtiyyah
وَغَيْـرُ إِبْرَاهِيْمَ مِنْ خَـدِيْجَهْ ❖ هُمْ سِتَـةٌ فَخُـذْ بِهِمْ وَلِـيْجَهْ
Dan selain Ibrahim itu dari Khadijah ❖ Jumlah mereka ada enam maka kenallah mereka dengan suka cita.
وَأَرْبَعٌ مِـنَ اْلإِنَاثِ تُـذْكَـرُ ❖ رِضْـوَانُ رَبِّي لِلْجَمِـيْعِ يُذْكَرُ
Putri Nabi semuanya disebut ada empat ❖ Semoga ridha Rabbku atas semuanya disebutkan.
فَاطِـمَـةُ الزَّهْرَاءُ بَعْلُهَا عَلِيْ ❖ وَابْنَاهُمَا السِّـبْطَانِ فَضْلُهُمُ جَلِيْ
Pertama Fatimah isterinya Ali ❖ Dan kedua putranya adalah cucu nabi dimana keutamaan mereka adalah pasti.
فَزَيْـنَبٌ وَبَعْـدَهَـا رُقَـيَّهْ ❖ وَأُمُّ كُـلْـثُـومٍ زَكَـتْ رَضِيَّهْ
Lalu Zainab, dans setelahny adalah Ruqayyah ❖ dan Ummu Kultsum yang suci dan diridhai.
عَنْ تِسْعِ نِسْوَةٍ وَفَاةُ الْمُصْطَفَى ❖ خُيِّـرْنَ فَاخْتَرْنَ النَّـبِيَّ الْمُقْتَفَى
Dari sembilan istri pada kewafatan Nabi ❖ Mereka diperintah untuk memilih, maka mereka memilih nabi sebagai panutan.
عَائِشَـةٌ وَحَفْصَـةٌ وَسَـوْدَةُ ❖ صَـفِيَّـةٌ مَـيْـمُـوْنَةٌ وَ رَمْلَةُ
Mereka adalah Aisyah, Khafsah, dan Saudah ❖ Lalu Safiyah, Maimunah, dan Ramlah.
هِنْدٌ وَ زَيْـنَبٌ كَذَا جُوَيـْرِيَهْ ❖ لِلْمُـؤْمِـنِيْنَ أُمَّـهَاتٌ مَرْضِـيَّهْ
Hindun dan Zainab serta Juwairiyah ❖ Bagi mukmin mereka adalah ibu-ibu yang diridhai.
حَمْـزَةُ عَمُّـهُ وعَـبَّاسٌ كَذَا ❖ عَمَّـتُـهُ صَـفِيَّـةٌ ذَاتُ احْتِذَا
Hamzah dan Abbas adalah paman Nabi begitupula ❖ Sofiyah bibi Nabi yang mengikuti.
وَقَبْـلَ هِجْـرَةِ النَّـبِيِّ اْلإِسْرَا ❖ مِـنْ مَـكَّةَ لَيْلاً لِقُدْسٍ يُدْرَى
Dan sebelum hijrah Nabi, ada kejadian isra' ❖ dari Makkah pada malam yang suci yang diketahui.
وَبَعْدَ إِسْـرَاءٍ عُرُوْجٌ لِلسَّـمَا ❖ حَتَّى رَأَى النَّـبِيُّ رَبًّـا كَـلَّمَا
Setelah Isra, Nabi naik ke langit ❖ Hingga Nabi melihat Tuhan yang berfirman.
مِنْ غَيْرِكَيْفٍ وَانْحِصَارٍ وَافْـتَرَضْ ❖ عَلَيْهِ خَمْسًا بَعْدَ خَمْسِيْنَ فَرَضْ
Tanpa bentuk dan ruang dan diwajibkan ❖ pada nabi Salat lima waktu setelah sebelumnya limapuluh yang wajib.
وَبَـلَّـغَ اْلأُمَّـةَ بِاْلإِسْــرَاءِ ❖ وَفَـرْضِ خَـمْـسَةٍ بِلاَ امْتِرَاءِ
Nabi menyampaikan kepada umat tentang Isra ❖ Dan kewajiban lima shalat tanpa ragu.
قَدْ فَازَ صِـدِّيْقٌ بِتَصْـدِيْقٍ لَهُ ❖ وَبِالْعُرُوْجِ الصِّـدْقُ وَافَى أَهْلَهُ
Abu Bakar b'runtung membenarkan Nabi ❖ Kebenaran mi'raj s'suai para ahli.
وَهَـذِهِ عَقِيْـدَةٌ مُخْـتَصَرَهْ ❖ وَلِلْـعَـوَامِ سَـهْـلَةٌ مُيَسَّرَهْ
Ini adalah penjelasan akidah yang diringkas ❖ Bagi orang awam adalah gampang serta dimudahkan.
نَاظِمُ تِلْكَ أَحْـمَدُ الْمَرْزُوْقِيْ ❖ مَنْ يَنْتَمِي لِلصَّـادِقِ الْمَصْدُوْقِ
Pengarangnya adalah Ahmad Marzuki ❖ yaitu orang yang dinisbatkan kepada yang benar dan yang dibenarkan (Nabi Muhammad).
وَ الْحَمْدُ ِللهِ وَصَـلَّى سَـلَّمَا ❖ عَلَـى النَّبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ عَلَّـمَا
Puji bagi Allah, semoga Allah memberi rahmat dan keselamatan ❖ Pada Nabi yang sebaik-baiknya orang yang mengajar.
وَاْلآلِ وَالصَّـحْبِ وَكُلِّ مُرْشِدِ ❖ وَكُلِّ مَـنْ بِخَيْرِ هَدْيٍ يَقْتَدِيْ
Juga pada keluarga, sahabat, dan semoa orang yang menunjukkan ❖ dan setiap orang yang mengikuti kebaikan petunjuk.
وَأَسْـأَلُ الْكَرِيْمَ إِخْلاَصَ الْعَمَلْ ❖ ونَفْعَ كُلِّ مَنْ بِهَا قَدِ اشْـتَغَلْ
Aku memohon pada al-Karim (Allah) atas keihklasan beramal ❖ dan bermanfaatnya (kitab ini) dimana setiap orang sibuk untuk mempelajarinya.
أَبْيَاتُهَا ( مَيْـزٌ ) بِـعَدِّ الْجُمَلِ ❖ تَارِيْخُهَا ( لِيْ حَيُّ غُرٍّ ) جُمَلِ
Baitnya adalah ada Lima tujuh dengan penghitungan jumlah ❖ adapun tahun penulisannya adalah 1258 H.
سَـمَّيْـتُهَا عَـقِـيْدَةَ الْعَوَامِ ❖ مِـنْ وَاجِبٍ فِي الدِّيْنِ بِالتَّمَامِ
Aku menamainya dengan Aqidatul Awam ❖ yang termasuk kewajiban dalam beragama secara sempurna.
Post a Comment