Instagram merupakan salah satu media sosial yang sekarang ini sangat populer dan memiliki banyak pengguna, dari instagram juga bisa membuat bisnis online kita berjalan dengan lancar.
Tetapi Anda pernah berfikir gak, bahwa akun instagram yang Anda miliki sekarang bisa menerapkan strategi SEO.
SEO sudah tak asing lagi para blogger atau perusahaan yang menjalankan bisnisnya lewat online dan untuk meningkatkan situs web mereka.
Jadi SEO tidak hanya berlaku di blog atau website juga bisa diterapkan di media social, salah satunya adalah Instagram.
Apa Kegunaannya SEO untuk akun Instagram Anda?
Kegunaannya adalah bisa meingkatkan juala bisnis Anda, bahkan menaikkan followers Anda dengan mudah. Denga menerapkan seo di akun Instagram tentu sangat bermanfaat bagi suka jualan online atau berbisnis lewat media social tersebut.
Hari ini kita akan menyiapkan profil Instagram Anda untuk sukses dengan menerapkan strategi dan Taktik SEO media sosial.
Bagaimanakah caranya?
Apa yang harus diperlukan?
Langsung saja, alat yang dibutuhkan untuk sukses adalah:
Pertama adalah laptop atau ponsel Anda dengan akun Instagram Anda.
Kedua adalah Akses Internet.
Ketiga, Ayo mulai!
1. Menentukan Tujuan Anda:
“Menetapkan tujuan adalah langkah pertama dalam mengubah yang tidak terlihat menjadi yang terlihat.” T Robbins.
jadi untuk mencapai kesuksesan Anda harus mempunyai tujuan untuk dicapai.
Bagaimana caranya agar tujuan kita bisa dicapai?
Berikut Ada tiga pertanyaan untuk membantu Anda menentukan tujuan Anda untuk strategi media sosial Anda:
Apakah Anda mencoba membangun brand? Atau Anda seorang brand?
Apakah Anda sedang mencoba, atau apakah Anda, saat ini menjual produk?
Jika Anda membuat brand/merek, apakah Anda memiliki tautan ke situs web Anda di bio? Jika Anda menjual produk, apakah akun Instagram Anda dapat dibeli? Menjadi influencer? Apakah Anda memiliki blog atau sarana untuk menangkap prospek dari akun Anda?
Semua sasaran ini memiliki seruan untuk bertindak yang berbeda. Renungkan apa tujuan Anda dan bagaimana akun Anda dapat melayani Anda dengan lebih baik.
Item tindakan: Terapkan salah satu dari berikut ini ke akun Instagram Anda yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda:
- Isi bio profil Anda seuai brand Anda
- Umpan yang bisa dibeli
- Tautan situs web
2. Menerapkan SEO di Akun Instagram Anda
Setelan Anda menetapkan tujuan dengan jelas, mari kita lihat bagaimana Anda dapat memasukkan strategi optimisasi mesin pencari ke akun Instagram Anda. Selanjutnya Anda akan fokus pada Biografi Anda, Nama Pengguna, mengembangkan kata kunci dan Menangani ketika menerapkan strategi SEO sosial.
Mari kita mulai dengan bio Anda. Biografi di akun Instagram Anda adalah ruang di mana Anda ingin memberi tahu pengguna apa yang diharapkan saat mereka mengikuti Anda.
Berikut adalah beberapa poin penting untuk dipertimbangkan saat menulis biografi Anda:
Tentang apa akun Instagram Anda? Mode, Pemasaran, Kesehatan atau Kebugaran? Tentukan niche Anda dan patuhi itu.
Tetapkan otoritas Anda! Apakah Anda memiliki kredensial? Mungkin pengalaman? Jika demikian masukkan ke dalam profil Anda. Beri pengguna alasan untuk meningkatkan kepercayaan mereka pada rekomendasi Anda.
Di mana kau berada? Ini bagus untuk dicatat karena influencer dan merek lain ingin berkolaborasi dengan pengguna lain di lokasi geografis yang sama. Anda juga akan menemukan bahwa ketika orang-orang mengembangkan hubungan dengan profil online Anda, pengguna akan merasa lebih terhubung jika Anda berada di lokasi geografis yang sama.
Bagaimana Anda bisa dihubungi? Ini sangat penting. Saya tahu begitu banyak pengguna bisnis yang tidak memiliki detail kontak mereka di Instagram. Jika Anda ingin melakukan penjualan atau menutup penawaran merek, Anda perlu menyediakan cara bagi pengguna untuk menghubungi Anda.
Entah menempatkan alamat email Anda di bio atau beralih ke profil bisnis di IG sehingga pengguna dapat menghubungi Anda dengan mengklik tombol.
Jika Anda memerlukan bantuan dalam mengubah akun bisnis, lihat panduan IG di sini.
3. Sempurnakan Instagram Anda
Apakah pegangan Instagram Anda menunjukkan siapa Anda dan tentang apa Anda? Misalnya, apakah itu Vanessa123487 atau StylistVanessa. Beri tahu orang-orang dengan tepat siapa Anda dan tentang apa Anda. Beri mereka alasan langsung untuk mengikuti Anda.
Kiat SEO media sosial: Pegangan Instagram dapat dicari. Apa artinya? Jika pengguna mencari stylist dan kata kunci ‘stylist’ ada di nama pengguna Anda, profil Anda akan peringkat di mesin pencari ketika kata stylist dimasukkan.
Ini juga berlaku untuk nama Instagram Anda. Nama profil pribadi saya adalah Aerialist Vanessa. Mengapa? Karena saya ingin muncul ketika orang mencari Aerialists atau Aerial arts.
Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan bagaimana Anda bisa membuat nama pengguna Anda muncul di peringkat pencarian? Apa kata kunci yang digunakan pasar target Anda untuk menemukan informasi di Instagram?
Perhatikan bagaimana pemimpin kesehatan dan kebugaran Emily Skye cocok dengan nama penggunanya? Itu bukan kebetulan! Dia menggunakan optimasi SEO di nama pengguna.
4. Menemukan Kata Kunci
Jika Anda tidak dapat menemukan kata kunci, Anda dapat menggunakan Answer The Public untuk membantu Anda melakukan brainstorming kata kunci di niche Anda.
Item Tindakan:
Terapkan kata kunci ke dalam profil Anda apakah itu dalam nama, profil, atau pegangan pengguna Anda.
Penutup
Nah, itulah tips sederhana cara menerapkan seo ke akun Instagram Anda, saya juga melakukan cara ini, dan hasilnya lumayan lah. Oia jangan lupa juga menambahkan hastag jika perlu pada saat uploa di Instagram, ini juga mempermudah mencari akun ig Anda oleh orang lain. Semoga tips ini bermanfaat, jika ada cara lain, silahkan tulis dikolom komentar yah. Terima kasih.
Post a Comment