SEO

Pentingnya kecepatan pemuatan halaman untuk SEO. Pernahkah Anda terhubung ke situs web online dan rasanya seperti telah memakan waktu selamanya untuk sepenuhnya memuat? Secara real-time, pengguna mungkin hanya menunggu situs untuk mengunggah selama 5 detik atau lebih, namun untuk pengguna internet rata-rata, ini mungkin terlalu lama. Mungkin Anda menunggu halaman muncul, namun, jika Anda seperti sebagian besar orang online, Anda mungkin meninggalkan situs.

Waktu yang diperlukan situs web Anda untuk mengunggah penting bagi pengunjung, dan itu akan berdampak serius pada peringkat situs web pada mesin pencari utama. Google memiliki berbagai alat yang tersedia untuk membantu layanan pemasaran SEO meningkatkan kecepatan halaman situs web mereka. Mesin pencari utama tidak ingin hasilnya tampak lamban bagi penggunanya. Bisnis juga memahami bahwa semakin cepat unggahan situs web mereka di browser pelanggan mereka, semakin banyak penjualan yang akan mereka lakukan. Kecepatan pemuatan halaman dapat memiliki dampak negatif atau positif utama pada bisnis.

Apa itu Kecepatan Pemuatan Halaman?

Kecepatan pemuatan halaman adalah waktu yang diperlukan agar konten situs web dimuat sepenuhnya di browser. Pengukuran dihitung dari ketika pengguna mengklik URL, ke halaman web dan semua kontennya untuk dimuat sepenuhnya. Kecepatan pemuatan halaman ini biasanya diukur dalam hitungan detik. Dua bagian berbeda membuat kecepatan pemuatan halaman.

Waktu Jaringan dan Server

Ini didasarkan pada kecepatan koneksi internet. Juga, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk elemen statis untuk ditampilkan di browser.

Waktu browser

Berapa lama waktu yang dibutuhkan browser untuk mencari tahu dan sepenuhnya menampilkan seluruh halaman dan kontennya bagi pengguna untuk dapat berinteraksi dengan halaman.

Halaman web mungkin memiliki waktu muat yang berbeda tergantung pada browser. Itu juga tergantung pada jenis perangkat apa yang digunakan pengunjung situs. Jika pengunjung menggunakan komputer desktop atau smartphone, kemungkinan waktu kecepatan muat akan berbeda. Lokasi di mana pengguna berbasis juga dapat menyebabkan halaman ditampilkan lebih cepat atau lebih lambat. 

Misalnya, jika Anda berbasis di Eropa dan Anda mengunjungi situs yang berlokasi di Cina, namun, mereka menjual produk kepada pelanggan Eropa, maka ada kemungkinan situs akan memakan waktu lebih lama untuk diunggah. Jika Anda mengunjungi situs yang sama dan Anda berbasis di Cina, menggunakan browser yang sama, dengan koneksi internet yang sama, halaman lebih mungkin untuk mengunggah lebih cepat.

Pengalaman Pengguna

Alasan utama halaman pemuatan lambat berbahaya adalah bahwa itu akan memiliki efek yang buruk pada pengalaman pengguna situs. Di semua situs web, kecepatan yang diperlukan untuk memuat konten situs mungkin akan menentukan apakah pengguna tetap berada di situs atau tidak.

Betapa mudahnya bagi pengguna untuk menavigasi ketika di situs web juga akan memiliki dampak besar. Jika halaman lamban, dan butuh waktu lama untuk menelusuri halaman, kemungkinan pengunjung akan mengklik keluar dari halaman dan pindah ke salah satu pesaingnya. 

Statistik menunjukkan bahwa 53% pengguna internet yang menggunakan perangkat pintar akan meninggalkan halaman web jika membutuhkan waktu lebih dari hanya 3 detik untuk memuat sepenuhnya.

Kecepatan muat sangat penting untuk semua situs, terutama untuk situs web e-commerce. Situs web ini mengharapkan pengguna untuk menghabiskan waktu yang lebih lama di situs mereka daripada yang lain. Banyak situs e-commerce memiliki banyak produk yang mereka inginkan untuk dilihat pengunjung. Rata-rata pengguna akan mengunjungi situs e-commerce dan mengklik 2-10 halaman setiap kali. Situs web ini perlu dimuat dengan cepat untuk menjaga pengguna tetap terlibat dalam situs.

Situs web yang memuat lambat sering memiliki persentase rasio pentalan yang tinggi. Ini akan menunjukkan bahwa tidak hanya pengunjung yang meninggalkan situs Anda lebih awal, tetapi Google dan mesin pencari utama lainnya akan menganggap situs Anda tidak menyertakan konten yang relevan yang dicari pengguna Google ketika di mesin pencari mereka. Ini akan berdampak serius pada posisi di mana situs Anda diberi peringkat.

Bertanya-tanya Mengapa Posisi Situs Anda Menurun Di Google?

Berikut adalah alasan utama mengapa beberapa situs web diberi peringkat lebih tinggi daripada yang lain.

Situs web ini dioptimalkan dengan baik

Situs web ini direkomendasikan oleh halaman web yang kredibel

Bangkit kembali tingkat. Tingkat pantulan situs web akan memberikan indikasi yang jelas kepada Google jika pengguna memiliki pengalaman yang baik ketika mereka mengunjungi situs web.

Sebagian besar pengembang web menyadari bahwa jika desain situs web membutuhkan waktu terlalu lama untuk dimuat, itu akan mempengaruhi posisi peringkat mereka di mesin pencari utama. 

Berikut adalah beberapa konten yang harus Anda harapkan menyebabkan situs web Anda dimuat secara perlahan:

Menggunakan terlalu banyak animasi atau item interaktif lainnya. Teknologi flash sering membutuhkan waktu lama bagi pengguna untuk berinteraksi.

Kesalahan pengkodean di situs web.

Gambar di situs yang belum dipotong atau di mengubah ukurannya.

Terlalu banyak gambar di setiap halaman di seluruh situs

Meskipun tidak biasa akhir-akhir ini, namun di masa lalu banyak situs menggunakan musik latar belakang yang cenderung memperlambat waktu pemuatan.

Halaman belum dimapatkan.

Munculkan layar dan kotak pop up lainnya.

Halaman panjang dapat memakan waktu untuk memuat.

SPAM ada di situs.

Masalah yang disebabkan oleh perusahaan hosting web

Jika situs web telah dialihkan ke situs lain

Situs e-commerce yang memiliki toko online dapat berbasis data, yang sering dapat menyebabkan keterlambatan besar.

Untuk memperburuk keadaan, situs web pemuatan tidak hanya akan menentukan di mana situs Anda diberi peringkat pada mesin pencari utama, tetapi hasil pencarian suara juga akan sulit bagi pengguna untuk menemukan situs Anda. 

Penggunaan pencarian suara semakin populer. Ketika seseorang mencari secara online dengan berbicara, mereka mengharapkan jawaban cepat, dan tidak menunggu terlalu lama agar perangkat merespons. Google dan mesin pencari lainnya mengharapkan pencarian suara ditingkatkan selama beberapa tahun ke depan, jadi harapkan ini menjadi pengubah permainan besar dalam bisnis SEO.

Post a Comment